REVIEW NOVEL HUJAN

Novel terbaru karangan Tere Liye berjudul Hujan yang menceritakan kehidupan seorang gadis bernama Lail, salah satu korban selamat dari bencana gunung meletus skala 8 VEI.

FT : MU vs ARSENAL 3-2

MU sukses meraih tiga poin setelah sukses mengalahkan Arsenal. Marcus Rashford, pemain berusia 18 tahun menjadi bintang dengan mencetak dua gol dan sat assist.

AYAT-AYAT CINTA 2

Sebuah novel karya Habiburrahman El Shirazy, merupakan lanjutan dari Ayat-Ayat Cinta 1 yang mengkisahkan hidup seorang muslim Indonesia bernama Fahri.

REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU

Sebuah review novel karya Tere Liye. Novel yang mengisahkan jawaban atas pertanyaan berkecamuk milik Ray atas apa yang ia peroleh sepanjang hidupnya.

FT : SUNDERLAND VS MU 2-1

Bertandang ke Stadium of Light, MU justru kembali tersungkur. Perjalanan menembus empat besar pun kian sulit.

DILAN

Sebuah novel karya Pidi Baiq yang mengangkat kisah percintaan anak SMA. Ceritanya ringan dan menggemaskan.

FT : CHELSEA vs MU 1-1

Bertandang ke Stamford Bridge, MU harus puas berbagi angka. Sempat unggul melalui gol Jesse Lingard, gol Diego Costa pada menit ke-90 memupus harapan MU untuk membawa pulang poin penuh.

NEGERI DI UJUNG TANDUK

Sebuah review Novel karya Tere Liye : Negeri di Ujung Tanduk

Rabu, 23 Maret 2011

ADA RAHASIA DIBALIK RAHASIA (Part II)


Usai berpisah dengan Reza, aku pun berjalan menelusuri terminal Lebak Bulus tersebut seorang diri. Terlihat bahwa terminal tersebut masih ramai oleh penumpang - penumpang yang ingin menggunakan jasa tranportasi berupa bus ataupun angkutan umum. Beberapa kondektur bis menawarkan untuk menggunakan jasa bus ataupun angkutannya. Suara - suara," Parung....!! Parung!! Ayo mba parung mba....!! ayo langsung Parung... Parung...!!" . Atau suara lainnya yang terdengar, " Bayoran langsung Bayoran langsung, ayo ayo yang mau cepet sampai rumah, langsung berangkat nih. Bayoran ...!!! Bayoran!!! Di sisi lain terlihat beberapa sopir sedang menikmati rokoknya sambil menyeruput kopi yang tampak kebulan asapnya. Entah itu asap rokok atau asap dari kopinya. Beberapa petugas terminal pun masih sibuk mengatur bus dan angkutan umum yang berlalu lalang.

Setelah kulihat angkutan umum berwarna biru dengan garis berwarna ungu ditengahnya, aku pun mendekati angkutan tersebut. Setelah kulihat tulisan yang ada di kaca angkutan tersebut, yakni "Lebak Bulus-Ciledug" maka tak salah lagi inilah angkutan yang kucari - cari. Ketika kunaik, tampak sudah disesaki oleh para penumpang. Setelah kudapati tempat yang kosong, aku pun tak ragu untuk mengambil tempat duduk tersebut.
" Eh, kak sandy", Terdengar suara seseorang memanggilku.
Aku pun mencari - cari asal suara tersebut.
" Mau pulang kak??", Suara itu pun terdengar lagi dan kali ini aku dapat memastikan siapa orang tersebut. Tampak seorang wanita dengan rambut hitam lurus dengan panjang sebahu. Dan juga kacamatanya yang melekat di depan matanya menghiasi wajahnya. Ia mengenakan kaos berwarna putih dengan sedikit corak di bagian tengahnya serta celana panjang berwarna cream. Tas mungil berwarna coklat pun sedang dipangkunya seolah tak ingin dilepaskannya.

Selasa, 22 Maret 2011

ADA RAHASIA DIBALIK RAHASIA (Part I)


Entah kenapa hari ini terasa begitu lelah. Malas rasanya meangkahkan kaki ini untuk pulang ke rumah. Usai kuliah analisis sore tadi, langsung ada pertemuan dari syi'ar net-nya MII (Musholla Izzatul Islam). Di sana dibahas beberapa pekerjaan yang akan dikerjakan secara bersama - sama. Entah mungkin karena kondisi diriku yang sedang menurun sehingga sangat malas sekali menanggapi hal ini (Astagfirullah). Ingin rasanya segera menumpahkan tubuhku ini ke tempat tidur. Usai pertemuan sejenak itu, aku menunggu waktu maghrib di MII bersama dengan Adi Darmawan dan Ahmad Mujahid. Dan tak lama kemudian waktu maghrib pun tiba. Para mahasiswa pun berbondong - bondong memasuki Musholla yang cukup kecil itu. Mereka pun larut sejenak dalam kekhusyukan sholat maghrib.

Usai sholat maghrib, aku pun bergegas pulang. Dengan gontai aku melangkahkan kaki. Pandangan mataku pun jauh menatap langit di angkasa yang biasanya mampu membuat rasa lelah di hatiku ini sirna. Namun, hal tersebut belum berhasil juga. Sesampai di depan Detos, tempatku biasa menunggu bis untuk pulang, terjadi sesuatu yang semakin membuatku kesal. Saat ku sampai di sana, bis yang kutunggu pun lewat. Tetapi entah kenapa ia berlalu begitu saja. Aku pun berusaha untuk mengejar dan bis itu pun berhenti. Tetapi ketika ku sudah semakin dekat, bis itu tiba mempercepat lajunya dan semakin menghilang dari pandanganku. "Aaarrrggghhhh..............!!!!!!!!!!!", Makin kesala aku di sana (Astagfirullah)

Semakin gundah dan semakin hilang semangatku kala itu dan kuputuskan untuk mengambil jalur pulang dengan rute lain, yakni Depok-Lebak Bulus-Ciledug. Biasanya aku melalui rute Depok-Blok M-Ciledug. Dan dengan rute yang biasa itu akan memakan biaya yang lebih murah dibanding dengan rute yang akan kuambil kali ini namun waktu tempuhnya sangat lama. Dengan rasa malas dan lelah yang semakin menghantui diriku, maka kuputuskan untuk mengambil rute yang melalui Lebak Bulus karena lebih cepat walaupun sedikit mahal.

Rabu, 16 Maret 2011

GOOD BYE DAYS


IN JAPANESE

Dakara ima ai ni yuku
So kimetanda
Poketto no kono kyoku wo
kimi ni kikasetai

Sotto boryu-mu wo agete
Tashikamete mitayo

Oh Good-bye Days
Ima, kawaru ki ga suru
Kinou made ni So Long
Kakko yokunai
Yasashisa ga soba ni aru kara
La la la la love with you

THAT SONG


Seorang temanku yang bernama Fauzan, saat itu sedang memainkan laptop kesayangannya. Seperti biasa, ia selalu menyalakan mp3-nya saat memainkan laptopnya. Terdengar sebuah lagu dialunkan. Lagu yang diputar ialah sebuah lagu Jepang. Biasanya aku tidak terlalu tertarik dengan lagu - lagu Jepang dan apabila tertarik paling - paling lagu anime, hehee... Tapi lain halnya dengan lagu ini, entah kenapa saat aku mendengarnya kali itu, aku langsung nyaman mendengarnya. Alunan nada dan permainan melodinya sangat enak didengar. Suara vokalisnya pun sangat bagus. Sehingga aku meminta Fauzan untuk memutarnya kembali. Liril demi lirik dilalui, tiap adegan di video klip pun telah ku simak dengan baik. Saat lagu tersebut selesai diputar, aku pun bertanya mengenai lagu itu.
" Jan, lagu sapa ni??", Tanyaku.
" Mang lo ga tau, lagu lama ini, dari zaman SMP,...", Balasnya.
" Beneran, ga tau gw"
"Ini tu lagunya YUI, judulnya Good Bye Days. Lagu ini dulu jadi soundtrack filmnya YUI. Judulnya apa ya, kalo ga salah Midnight Sun, pernah liat filmnya ga?"
" Ga pernah jan, hehee"
" Ah, elu. Ini tu terkenal waktu zaman kita masih SMA tau."
" Iya ya. Gw kurang gaul kali,hehee... Lagipula gw juga ga update film - film Jepang."
" Tentang apa jan filmnya??"
" Judul filmnya Midnight Sun atau kalo dalam bahasa Jepang Taiyou no Uta. Filmnya tentang seorang cewek yang menderita penyakit asing. Jadi dia ituga bisa kena sinar matahari sehingga dia ga bisa keluar rumah kalo siang. Dia cuma bisa keluar rumah kalo malam. Terus dia suka sama seorang cowo, dan gitu deh, biasa tentang cinta gitu. Tapi sedih filmnya. Dia juga pinter nyanyi tapi pada akhirnya ia mati sebelum lagunya famous di radio. Gw juga udah cari - cari filmnya sih, tapi belum dapet,hehee Seru dah san."
" Ow gtu, pantes ekspresi si vokalisnya sedih banget. Ternyata gitu? Jadi pengen liat filmnya jan,hehee.."

Setelah kejadian itu, aku terus mendengar lagu itu. Aku mencari terjemahannya dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia. Memang arti dari lagu ersebut cukup menyentuh bagiku. Sehingga walaupun belum tau filmnya kaya apa, tapi udah bisa menggambarkan tuh film kaya gimana nantinya.

Selesai cari tau tentang lagunya, aku langsung cari filmnya. Dan ga lama langsung ketemu, hahaaa ( niat banget ) Abis ketemu langsung download dan cari subtitle. Ekstrak filenya langsung masukin ke filmnya. Dan akhirnya, puter deh filmnya. Saat itu aku menonton dengan Fauzan dan Septriana. Tampaknya keduanya juga tertarik. Selesai kulihat filmnya, aku merasa puas. Tidak salah aku menilai lagu ini bagus dan cukup menyentuh. Untuk filmnya kurang lebih menceritakan seorang wanita yang mempunyai penyakit asing tapi tetap semangat menjalani hidupnya demi orang - orang yang menyayanginya walaupun pada akhirnya ia harus pergi lebih awal dari yang lain. Dan yang tersisa hanya tinggal kenangan - kenangan yang telah terukir terutama pada lagu - lagu yang telah ia ciptakan.

Dan mulai saat itu, aku mulai mencari - cari lagu - lagu YUI lainnya. Entah, kenapa jadi tertarik,hehee Tapi suka aja dengernya. Dan ini menambah ketertarikanku pada lagu - lagu Jepang yang biasanya yang kutahu hanya lagu anime.

Untuk yang terakhir kalinya kuucapkan, THIS SONG IS VERY GOOD AND IT'S HAVE A MEANING. IF YOU UNDERSTAND ITS LYRIC, YOU CAN KNOW HOW IS THE FEELING FROM THE SONG'S WRITER. I LOVE THIS SONG LIKE ITS FILM.

Kalo mau tau lagunya, silahkan dilihat liriknya dilain judul. :)

Jumat, 11 Maret 2011

MEMAKNAI CINTA


Apa itu cinta, dan bagaimana definisnya dan apa keinginan cinta itu sendiri, ternyata manusia selalu menerjemahkan sesuai dengan selera dan sudut pandang diri mereka sendiri, tidak pernah melihat cinta dari sudut pandang orang lain, ini lah yang menjadikannya bias dan kehilangan makna bahkan ruh cinta itu sendiri.

Kaum komunis memandang cinta adalah hilangnya kelas sosial dalam masyarakat, dimana tidak ada orang kaya dan miskin. semua bekerja untuk kepentingan bersama, begitu kira-kira manifesto cinta yang mereka impikan. Kaum kapitalis memandang cinta adalah terpenuhinya hak-hak individu tanpa melihat hak individu yang lain tertindas dan sengsara. Kaum sekuleris memandang cinta adalah penguasa tidak boleh mencampuri urusan Tuhan di muka bumi dan Tuhan harus pergi dari lingkungan kekuasaan. Dan para liberalis menerjemahkan cinta dengan menyerahkan benar dan salah dalam timbangan mata manusia tanpa intervensi kebenaran dan kegelapan di dalamnya.

Itulah sudut pandang cinta dari berbagai ideologi, bila di pelajari mereka sebenarnya kehilangan citarasa dalam memandang cinta, cinta tidak didudukkan ditempat yang semestinya tanpa intervensi akal dan perasaaan manusia yang penuh nafsu dan kepentingan dalam memaknai cinta.

Rabu, 02 Maret 2011

JADI PENULIS NGETOP ITU MUDAH


Assalamualaikum Wr. Wb.

Hey guys, kebetulan saya nemu buku bagus nih beberapa hari yang lalu. Isinya tentang cara menulis yang baik dan menjadi penulis ngetop. Silahkan dibaca.....!!!!

KRITERIA TULISAN BAGUS

1.) Mengungkapkan Hal - Hal Baru
Sebuah tulisan sudah tergolong bagus apabila ia mengungkapkan hal - hal baru.

2.) Benar dan Lengkap
Cerita bohong tidak bisa menjadi tulisan bagus, menghebohkan mungkin iya. Tulisan bagus harus juga mengandung kebenaran dan lengkap. Tengoklah, berita di surat kabar bereputasi baik selalu menjunjung nilai - nilai kejujuran.


Hatimu pilu memendam cinta
yang takut kau ungkapkan kepadanya

Sendu hatimu, menyimpan cinta
tanpa dia tahu betapa engkau merindukan
...penyerahan dirinya kepada keindahan
kasih sayangmu

Ooh … betapa hatimu berharap

bahwa engkau bertemu dengannya
di dunia yang lain
yang bebas dari semua batasan ini
dimana baginya hanya ada engkau
sebagaimana bagimu hanya ada dia

Wahai Yang Maha Cinta

Serahkanlah dia kepadaku